Resume Seminar


PUBLIC RELATIONS DI ERA DIGITAL
Oleh : Ahmed Kurnia Soeriwidjaja
 

Latar Belakang
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang multi asking society, artinya masyarakat yang bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu yang bersamaan.
Kondisi Media Konvensional di Indonesia saat ini :
Banyaknya bermunculan media masa dan media elektronik pada saat ini, seiring dengan berkembangnya teknologi dan meningkatnya permintaan akan informasi yang up to date pada saat sekarang ini.
Kondisi Media Baru (internet) di Indonesia saat ini :
Tumbuh pesatnya para pengguna situs pada masa sekarang ini, dari pengguna blogger, situs jejaring social dan segala media entertain yang bisa kita dapatkan dari internet.
Dengan trend media internet sekarang ini, pemerintah sangat mendukung penuh perkembangannya, bahkan pemerintah telah menargetkan supaya seluruh kecamatan bahkan pedesaan agar sudah dapat terhubung dengan infrastruktur telephone dan internet. Program tersebut dicanangkan karena boomingnya pengguna media internet pada masa sekarang ini.

PUBLIC RELATIONS AND SOCIAL MEDIA
Oleh : Ahmed Kurnia Soeriwidjaja
social media bagi praktek kehumasan bermanfaat untuk mengkomersialisasikan sebuah brand atau perusahaan melalui berbagai kanal social media. Social media PR adalah sebagai wadah saling memberi dan menerima informasi. Akar dari social media PR adalah memberikan informasi antara konsumen dengan produsen melalui dunia maya.
Ciri-ciri konsumen social media
  1. Suka bahasa informal
  2. Mengerti akan kebutuhan konsumen dan merespon keluhan dengan cepat
  3. Dapat berinteraksi langsung dengan praktisi PR
Tantangan PR dalam menghadapi social media
  1. Perubahan prilaku audience
Mengubah taktik dalam menghadapi complain konsumen dengan taktik baru yang lebih inovatif dan tentunya lebih masuk logika konsumen.
  1. Kecepatan perubahan medium di social media
Contoh : booming-nya facebook dan merosotnya pengguna friendster
Untuk penyesuaian diri, para praktisi PR diharuskan mengikuti perkembangan teknologi yang interaktif dan melakukan :
Conversation               NOT                Campaigning
Community                 NOT                Target Audiences
Two Way Comm        NOT                One Way Comm
Active Influencers       NOT                Static Media List